Wednesday, February 15, 2017

(Side M Review) Auldey, Power Binding ! Solar Saver

SENANDUNG BASA-BASI DAN MAAF
Mungkin kalian sudah capek baca kalimat yg gua tulis "maaf tidak ada update selama x bulan, OMG OMG OMGGG" but where should I start ? terakhir gua update blog ini sekitar bulan Oktober.

oh wow I need a lot of explaining things to do !

Long Story Short, gua pindah kantor - sekarang kerja di bidang yang sesuai dengan passion - kesibukan bertambah, but I enjoy every second of it - prioritas menjadi berubah, so anyway...


WHAT's SPACE DELETER ?
Sebagian dari kalian mungkin ada yang tahu, ada yang engga, tapi Space Deleter ini adalah semacam serial sentai yang diproduksi oleh Cina, dan seri ini sudah selesai tayang di negara Cina sana dan sudah diganti dengan seri yang baru dengan tema yang sama. Gua beli robot ini dengan bantuan salah satu temen baik gua yang saat itu sedang dinas disana.

Pertama kali gua liat robot ini langsung instan suka, dan itu momen yang langka menurut gua, karena biasanya gua mesti liat minimal aksinya dulu di serial tv atau animenya supaya tau semantap apa dia sebelum gua beli figure/kitnya. Mecha ini mengingatkan gua terhadap mecha-mecha sentai tahun 80-90an yang bentuknya masih real dan terkesan robot banget, which I really LOVED IT. Figur ini diproduksi oleh brand Auldey yang mungkin cukup familiar di kepala kita yang dulu brand ini sempat berjaya sebagai brand subtitusi dari Tamiya dan Crush Gear di awal tahun 2000-an.

UNBOXING
(Klik Gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Pertama kali gua melihat kemasannya, kemasannya langsung mengingatkan gua kepada kemasan DX Mecha Sentai pada umumnya yang berbentuk persegi panjang, tebal, dan colorful. Pada sisi depan kemasan kita langsung diperlihatkan figur Solar Saver yang sudah dalam wujud bersatu, dilanjutkan dengan 2 model lainnya yang dapat dibuat pada figur ini pada sisi kanan dan 3 macam kendaraan yang dapat dibuat ketika memisah-misahkan Solar Saver ini menjadi mode kendaraan, dengan logo Space Deleter dan logo Auldey di sisi kiri kanan atas cover kemasan. Pada sisi belakang kemasan kita juga dapat melihat fitur-fitur yang ditawarkan dalam figur ini beserta petunjuk berupa gambar-gambar yang memperlihatkan jika memiliki figur Star Saver (Dijual Terpisah) maka kedua figur tersebut dapat disatukan menjadi mecha yang lebih besar lagi. Pada sisi kanan dan kiri kemasan juga memperlihatkan fitur dan petunjuk yang sama diperlihatkan pada kemasan belakang. Pada sisi atas kemasan kita bisa melihat para "ranger" yang mengendalikan mecha ini, yaitu ranger merah, biru, dan pink dengan tulisan "Power Binding !" tertera  pada kemasannya, mungkin itu cara mereka menyebut "Gattai" di serial tv-nya. Pada sisi bawah kemasan  hanya berupa kumpulan teks yang ditulis dalam huruf cina, beserta kemasannya.
Ketika kemasan dibuka, feel-nya juga berasa ketika membuka box DX Mecha Sentai pada umumnya, kita akan melihat  kemasan dalam dari figur ini dilindungi dengan cardboard box yang biasa kita lihat jenis karton ini digunakan untuk melindungi telur, yang kemudian dilapis dengan cardboard box tipis. Ketika kita membuka kemasan kita akan mendapat 3 komponen dalam wujud kendaraan-kendaraan yang masih dilapisi plastik dengan selembar manual yang menunjukkan bagaimana caranya menyatukan kendaraan ini menjadi Solar Saver dalam bahasa cina.

REVIEW (VEHICLE MODE)
(Klik Gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
ROCKET RED
Wujud dasar dari kendaraan ini berupa roket dengan warna kombinasi silver, abu-abu, dan merah. Kendaraan ini dipiloti oleh ranger merah dari seri ini.
TRACKS BLUE
Wujud dasar dari kendaraan ini berupa truk trailer dengan warna kombinasi silver, gold, abu-abu, dan biru. Kendaraan ini dipiloti oleh ranger biru dari seri ini.
SATELLITE PINK
Wujud dasar dari kendaraan ini berupa pesawat futuristik dengan warna kombinasi silver, abu-abu, biru, dan pink . Kendaraan ini dipiloti oleh ranger pink dari seri ini.
Jujur gua awalnya memiliki ekspektasi yang rendah mengingat figur ini buatan Cina jadi gua pun sudah berani menanggung resikonya, tapi figur ini sangat merubah sudut pandang gua terhadap figur buatan Cina sekarang, kualitas figur ini sudah setara dengan DX Mecha Sentai buatan Bandai pada umumnya, figur ini sangat solid, kokoh, bervolume. Paintjob dari figur ini sangat rapi dan tidak bleber-bleber ataupun kusam. Warna dari figur ini juga tidak terlalu cerah sehingga memberi kesan real pada figur ini. Ukuran dari masing-masing kendaraan juga terbilang besar untuk mecha yang dapat dipecah menjadi 3 kendaraan.

REVIEW (COMBINED)

MODE 1
Dalam mode ini, seluruh kendaraan bersatu menunggangi Tracks Blue, mirip seperti mode GoGo Trailer dari Mecha Daibouken.
MODE 2
Dalam Mode ini Tracks Blue bergabung dengan Rocket Red, Dalam mode ini Tracks Blue berubah menjadi Hangar Peluncur untuk Rocket Red.
MODE 3 (SOLAR SAVER)
Dalam Mode ini, Ketiga kendaraan berubah menjadi satu Mecha Humanoid besar. Rocket Red berubah menjadi komponen badan atas (Torso, Tangan, Kepala), Tracks Blue menjadi komponen badan bawah (Pinggang, Kaki), dan Satellite Pink menjadi Armor dan Helm. Moncong dari Rocket Red berubah menjadi senjata untuk mode ini
Pada saat menggabungkan ketiga kendaraan menjadi satu, gua sedikit takut karena part penghubungnya menggunakan sistem "click" yg dulu sering kita lihat di DX mecha sentai tahun 90an, dan semasa gua kecil gua sering sekali merusak bagian ini. Disamping itu pada saat memasuki tahap melepas beberapa komponen untuk menjadi macam-macam mode terasa sangat keras, namun ketika sudah disatukan sangat erat dan kokoh. Mode Solar Saver ini sangat tinggi, ukurannya mencapai ukuran PG Gundam pada dasarnya, namun sama seperti DX Mecha sentai pada umumnya, tentu saja artikulasi dari figur ini nyaris tidak ada. Senjata dari figur ini adalah moncong dari Rocket Red yang kemudian memiliki gimmick dapat dibuka

CONCLUSION
Disamping komplain alot dan keras pada saat proses transformasinya. Menurut gua figur ini sangat ok, figur ini sangat solid, detail dari segi molding dan pewarnaannya, dan sangat jauh dari perspektif kalau mainan buatan Cina itu kualitasnya jelek, figur ini sepertinya memang dibuat untuk menyaingi DX Mecha Sentai. Namun tentu saja, figur ini belum sepenuhnya lengkap tanpa DX Star Saver, robot kedua dari Space Deleter yang dapat digabungkan dengan Solar Saver menjadi wujud asli Mecha ini yang tentunya membuatnya menjadi jauh lebih gagah dan colorful. 

No comments: