Saturday, February 18, 2017

(Side M Review) Auldey, Power Binding ! Star Saver

BASA-BASI
Punya Solar Savernya, ga mungkin dong ga beli yang satu ini, Star Saver adalah Mecha kedua dari seri Star Deleter yang dipiloti oleh ranger hijau dan kuning pada serinya. Jika memiliki kedua-nya, maka kedua mecha ini bisa disatukan menjadi mecha dengan ukuran yang cukup besar, dan menurut gua ini idenya menarik juga karena sebelumnya kayaknya ga pernah ada yang dari awal ada 1 tim sentai berlima yang memiliki mecha gabungan terpisah-pisah kemudian ketika mereka berlima berkumpul mecha mereka bisa digabung lagi menjadi satu. Liveman dan Hurricaneger kayaknya ranger ke 4 dan ke 5nya baru masuk di pertengahan awal episode di serinya deh. Gua pun juga beli ini barengan dengan Solar Saver yang dibantu beli temen baik gua saat kerja di Cina sana.

UNBOXING
(Klik Gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Seperti Kemasan Solar Saver, kemasannya langsung mengingatkan gua kepada kemasan DX Mecha Sentai pada umumnya yang berbentuk persegi panjang, tebal, dan colorful. Pada sisi depan kemasan kita langsung diperlihatkan figur Star Saver yang sudah dalam wujud bersatu, dilanjutkan dengan 2 macam kendaraan yang dapat dibuat ketika memisah-misahkan Star Saver ini menjadi mode kendaraan, dengan logo Space Deleter dan logo Auldey di sisi kiri kanan atas cover kemasan. Pada sisi belakang kemasan kita juga dapat melihat fitur-fitur yang ditawarkan dalam figur ini beserta petunjuk berupa gambar-gambar yang memperlihatkan jika memiliki figur Solar Saver dan Uranus Saver (Dijual Terpisah) maka ketiga figur tersebut dapat disatukan menjadi mecha yang lebih besar lagi. Pada sisi kanan dan kiri kemasan juga memperlihatkan fitur dan petunjuk yang sama diperlihatkan pada kemasan belakang. Pada sisi atas kemasan kita bisa melihat para "ranger" yang mengendalikan mecha ini, yaitu ranger hijau dan kuning dengan tulisan "Power Binding !" tertera  pada kemasannya, mungkin itu cara mereka menyebut "Gattai" di serial tv-nya. Pada sisi bawah kemasan  hanya berupa kumpulan teks yang ditulis dalam huruf cina, beserta kemasannya.
Ketika kemasan dibuka, feel-nya juga berasa ketika membuka box DX Mecha Sentai pada umumnya, kita akan melihat  kemasan dalam dari figur ini dilindungi dengan cardboard box yang biasa kita lihat jenis karton ini digunakan untuk melindungi telur, yang kemudian dilapis dengan cardboard box tipis. Ketika kita membuka kemasan kita akan mendapat 4 komponen dalam wujud kendaraan-kendaraan yang masih dilapisi plastik dengan selembar manual yang menunjukkan bagaimana caranya menyatukan kendaraan ini menjadi Solar Saver dalam bahasa cina, dan katalog mainan yang dijual dari serial Space Deleter ini.


REVIEW (VEHICLE MODE)
DRILL YELLOW
Wujud dasar dari kendaraan ini berupa driller dengan warna kombinasi kuning, silver, hijau, dan merah. Kendaraan ini dipiloti oleh ranger kuning dari seri ini.
SHUTTLE GREEN
Wujud dasar dari kendaraan ini berupa pesawat UFO dengan warna kombinasi silver, abu-abu, dan hijau. Kendaraan ini dipiloti oleh ranger hijau dari seri ini.
STAR SAVER MODE
Dalam mode ini, kedua kendaraan bersatu menjadi satu mecha humanoid. Drill Yellow menjadi komponen badan atas (kepala, dada-paha, tangan), kemudian Shuttle Green menjadi komponen kaki dari Star Saver.
Sama seperti Solar Saver. Pada saat menggabungkan kedua kendaraan menjadi satu, gua sedikit takut karena part penghubungnya menggunakan sistem "jepit" yg dulu sering kita lihat di DX mecha sentai tahun 90an, dan semasa gua kecil gua sering sekali merusak bagian ini. Disamping itu pada saat memasuki tahap melepas beberapa komponen untuk menjadi macam-macam mode terasa sangat keras, namun ketika sudah disatukan sangat erat dan kokoh. Mode Star Saver ini sangat tinggi, ukurannya mencapai ukuran PG Gundam pada dasarnya, namun sama seperti DX Mecha sentai pada umumnya, tentu saja artikulasi dari figur ini nyaris tidak ada, namun figur ini memiliki artikulasi di bagian tangan, dia bisa menekuk lengannya hingga 60 derajat. Mecha ini sepertinya tidak memiliki persenjataan, asumsinya mungkin dadanya yg berwarna merah transparan menembakkan laser mungkin ? atau sesuatu yang berhubungan dengan tangannya , karena tangannya berupa capit.
GALAXY SAVER MODE
Galaxy Saver ini merupakan kombinasi dari Solar Saver dan Star Saver atau mungkin disebut true form dari Mecha Space Deleter ini, sekarang Mecha ini menjadi colorful dan lebih gagah dibandingkan ketika mereka dilebur menjadi 2 mecha yang berbeda. Dalam wujudnya, Galaxy Saver menggunakan senjata berupa rocket yang merupakan salah satu komponen dari Rocket Red, dan sebuah twin drill yang merupakan salah satu komponen dari Yellow Drill.
CONCLUSION
Memang, kalau tidak memiliki kedua robot ini rasanya sangat janggal dan tidak komplit. Secara desain gua lebih menyukai Solar Saver ketimbang Star Saver dikarenakan warna dari Mecha ini yang terlalu kontras sehingga menurut gua kurang menarik, dan secara pribadi gua kurang suka dengan mrcha yg memiliki unsur drill, namun ketika digabungkan dengan Solar Saver, figur ini adalah salah satu alasan mengapa harus dimiliki. figur ini memiliki isu yg sama dengan figur solar saver yaitu part yang keras, sehingga bawaanya takut setiap kali mau menggabungkan atau meleburkan figur ini. Namun disamping itu semua, gua sangat merekomendasikan kalian untuk memiliki figur dari seri Space Deleter ini jika kalian adalah pencinta DX Sentai atau robot pada umumnya. Kualitas jangan ditanya, sudah setara dengan DX Mecha Sentai buatan Bandai !
Image Source : rangerboard.com

Sebenarnya masi ada satu mecha lagi yang bisa disatukan dengan mecha-mecha ini. Mecha itu adalah mecha ranger ke-6 dan 7 (?). Namun karena menurut gua proporsinya menjadi berantakan setelah disatukan, gua memutuskan untuk tidak beli.

2 comments:

Maseko Sakazawa said...

detilnya bagus.. hanya memang artikulasinya aja yg kurang ya dov?

Ludov06 said...

iyah, kayak robot2 megazord pada umumnya aja mas. memang dirancang untuk gabung lepas - gabung lepas