Friday, October 14, 2016

Side G Review : Universal Unit Figures

BASA-BASI
Sudah lama semenjak lini figur Assault Kingdom yang baru tidak ada kabar selain Assault Kingdom EX yang cenderung dijual hanya satu model dan beberapa ada yang webshop limited. Hingga akhirnya di pertengahan tahun ini muncul lini baru dari Bandai yang mirip dengan Assault Kingdom, Universal Unit. Gua cukup tersentil untuk mencoba figur ini karena kalau dilihat sekilas di review, mirip sekali dengan Assault Kingdom. Figur ini gua temukan di salah satu toko hobi di Jakarta dengan harga yang menurut gua harga figur Candy Toys pada umumnya.


UNIVERSAL UNIT INTRODUCTION
Universal Unit adalah produk terbaru kategori candy toys yang diproduksi oleh Bandai yang dirilis di pertengahan tahun 2016. Universal Unit ini adalah line figur pengganti Assault Kingdom dalam hal fully articulated mini figure seri Gundam. Dalam 1 volume terdapa 4 jenis karakter yang berbeda dengan 2 variasi yang berbeda. Seperti contoh dalam volume ini terdapat Gundam Barbatos, namun dalam lini ini terdapat 2 jenis Gundam Barbatos yang berbeda, yaitu Barbatos form 3 dan form 4. Begitu juga dengan jenis lainnya.

Dalam volume ini terdapat 4 macam figur yang dapat dikumpulkan, yaitu :
1. Gundam RX 78 The Origin Ver. 
    (Varian A w/ Shoulder Cannon)
    (Varian B w/ Hyper Bazooka)

2. Char's Zaku The Origin Ver.
    (Varian A w/Bazooka)
    (Varian B w/ Sniper Riffle)

3. Gundam Barbatos
    (Varian A Form 3)
    (Varian B Form 4)

4. Gundam NT-1 Alex
    (Varian A w/ Beam Riffle & Shield)
    (Varian B w/ Chobam Armor)

UNBOXING
Dimulai dari kemasannya, kemasannya memiliki warna dominan putih dengan sisi depan (cover art) kemasannya memperlihatkan seluruh Gundam dan MS berpose yang terdapat dalam volume ini. Pada bagian bawah dari cover art kemasan kita bisa melihat Label dari line figur Universal Unit dilanjutkan dengan tahun produksi, manufaktur, dan logo bandai. Pada bagian belakang kemasan kita bisa melihat 4 jenis figur dengan variannya yang bisa dimiliki dalam volume ini. Pada bagian atas kemasan terlihat judul line figure dilanjutkan dengan tulisan karakter yang terdapat dibalik kemasannya
Ketika kemasan dibuka kita mendapat 2 plastik yang berisi komponen-komponen figur yang didaptatkan, plastik pertama berisi satu part torso yang penuh dengan warna dengan runner senjata dan manipulator, plastik kedua berisi runner yang digunakan untuk merakit tangan dan kaki ini beserta stiker, dan didalam kemasan ini ketika kita menyobeknya sesuai dengan alur potongan yang sudah diberi oleh Bandai kita akan mendapat petunjuk bagaimana merakit figur ini hingga siap untuk dipose-posekan.

REVIEW
Ketika sudah selesai merakit, kita akan mendapat figur utuh dari RX 78 Origin, yang dominan memiliki warna putih, biru, kuning, merah, dan abu-abu tua. Figur ini memiliki tinggi yang sama dengan figur Assault Kingdom. Yang membedakan Assault Kingdom dengan Universal Unit yang pertama adalah figur ini perlu dirakit sebagian sebelum akhirnya dapat dipose-posekan. Kedua adalah bahan dari figur ini adalah plastik, berbeda dengan Assault Kingdom yang sebagian besar memiliki bahan karet yang cenderung fleksibel. Ketiga adalah lini figur ini dilengkapi dengan stiker untuk mendukung detil pada figur ini agar terlihat akurat dengan yang ditayangkan di serial tv/movienya. Yang terakhir adalah figur ini tidak disertai dengan display base ataupun female part yang tertanam didalam figurnya untuk disambungkan ke display stand yang bersifat universal
Dari segi artikulasi, artikulasi dari figur ini tidak seluwes artikulasi yang dimiliki lini figur Assault Kingdom sehingga kalian memiliki keterbasan untuk memposekannya, dan pose-pose dinamis pun sulit untuk direplikasikan pada figur ini, dikarenakan figur ini memiliki standar artikulasi HG standar tahun 2000 awal. Disamping itu gua mendapatkan kesulitan ketika menekuk-nekuk titik artikulasinya dikarenakan pada saat proses snap fitnya cenderung keras dan membutuhkan tenaga extra untuk menyatukan kedua part tersebut menjadi satu.
CONCLUSION
Sebelumnya gua agak bingung mengapa pihak Bandai memberhentikan line figur Assault Kingdom, karena sejujurnya figur Assault Kingdom sudah ok menurut gua, lini figur ini mengingatkan gua dengan lini Speed Grade yang dirilis di awal tahun 2000an, yang dimana merupakan model kit dengan ukuran yang sama dengan Assault Kingdom. Lini figur Universal Unit ini menurut gua pribadi kurang memuaskan dikarenakan banyak sekali keterbatasan dari figur ini, mulai dari artikulasi hingga tidak compatible dengan display base. Namun jika kalian adalah orang yang mudah tergelitik untuk memberikan detil tambahan dengan mengecatnya, figur ini cocok untuk kalian karena figur ini pada dasarnya adalah model kit setengah jadi dengan artikulasi yang standar.

No comments: