Thursday, September 1, 2016

Side G Review : FPM 1:60 Hyper Beam Javelin for PG Banshee Norn

BASA-BASI
Jujur sebenernya gua kurang suka dengan senjata jenis kapak (terus ngapain dibeli bencooong), mungkin karena terlalu terkesan kuno dan memang pada dasarnya gua kurang suka senjata berwujud kapak pada dasarnya. Namun pihak FPM yang sebelumnya terkenal dengan produk conversion kit RG Exia R3-nya merilis senjata khusus untuk PG Unicorn Gundam dan Banshee Norn yang hanya muncul di komik (di serial tv-nya ada sih walau cuma di openingnya aja), dan selama gua melihat respon dari produk yang pernah dirilis mereka sebelumnya mayoritas mendapat review yang positif sehingga cukup membuat gua tergoda untuk mencoba produk mereka yang kebetulan juga gua memiliki PG Banshee Norn untuk diuji coba.
UNBOXING
Kemasan dari produk ini terbilang cukup sederharna, Kemasan ini berwarna dominan hitam dan kuning. Pada sisi cover depan kemasan kita bisa melihat nama produk berikut dengan ilustrasi dari Hyper Beam Javelin dalam beberapa mode yang kemudian pada sisi kanan dan kiri kemasannya diisi dengan pattern yang mirip dengan pattern Psycho Frame dari Banshee, kemudian pada sisi kanan bawah kemasan kita bisa melihat logo dari brand FPM dilanjutkan dengan nomor 003, yang mengindikasikan produk ini adalah produk ketiga yang diproduksi oleh FPM. Pada sisi atas dan bawah kemasan kita bisa melihat lagi nama produk ini beserta dengan logo brand dari FPM dengan pattern Psycho Frame berwarna kuning. Pada sisi kanan dan kiri kemasan produk ini kita bisa melihat nama dari produknya beserta ilustrasi dari Hyper Beam Javelin. Pada kemasan belakang dari kemasan ini kita bisa melihat nama produk namun dengan ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan cover depan.

Ketika kemasan dibuka kita akan mendapat 8 runner, 1 waterslide decal, dan 1 manual untuk merakit Hyper Beam Javelin ini.
BUILDING PROCESS
Selama gua merakit ini, proses snapfitnya cukup keras sehingga membutuhkan tenaga extra untuk menempelkan part 1 dengan part lain sehingga tertutup rapat. Kualitas Plastik menurut gua cukup baik, tidak ada mold yang "bleber" sehingga kalian tidak perlu usaha extra untuk memotong bekas bleberannya.
REVIEW
Ketika sudah selesai, kita akan mendapat sepasang Beam Javelin yang berwarna dominan biru kehitaman, kuning transparan dan abu-abu. Beam Javelin ini pun cukup tinggi, dengan tinggi melebihi tinggi PG pada umumnya ketika dipasangkan Beam Effectnya. Fitur-fitur dari Beam Javelin ini yaitu Beam Javelin ini dapat berubah bentuk menjadi storage mode yang dapat disimpan baik dibalik perisai, maupun di part pinggang Banshee/Unicorn, kemudian bagian atas dari Beam Javelin ini dapat dipasangkan ke bagian bawah Beam Magnum sehingga terlihat seperti Bow Gun.
Fitur khusus yang tidak ada pada official design-nya ialah kedua Beam Javelin ini dapat dipasangkan pada bagian tangan Unicorn/Banshee sehingga terlihat seperti beam tonfa. Yang menurut gua kurang dari produk ini adalah design beam effectnya yang terkesan kaku dan simetris, tidak seperti beam effect Hyper Beam Javelin yang didapat dari MG Full Armor Unicorn Gundam Ver.Ka yang lebih terkesan terlihat seperti beam yang menyala. Dan yang terakhir adalah usaha yang dibutuhkan untuk membuat Beam Javelin ini untuk dapat digenggam erat oleh Banshee/Unicorn sangat besar, karena selama gua mencoba untuk membuatnya menggenggam sangat sulit sekali. Kemudian yang terakhir adalah gua mendapat kesulitan ketika akan meletakkan senjata ini ke part pinggangnya, mudah terlepas.
CONCLUSION
Dengan harga yang cukup masuk akal untuk senjata PG yang cenderung besar (maksimal IDR 200.000an) dan mendapat sepasang senjata dengan ukuran yang sangat besar, menurut gua senjata ini masih ok jika hanya untuk sebagai aksesoris pelengkap tanpa banyak dimainkan, namun perlu dicantumkan juga setelah gua berhasil memasangkan beam Javelin ini ke PG Banshee gua, rupanya tidak muat masuk kedalam lemari displaynya dikarenakan tingginya senjata ini. Senjata ini akan sangat memakan tempat banget jika kalian memang ingin mendisplaynya bersama dengan senjatanya.  Namun kalau kalian memang memliki space yang besar untuk mendisplaynya dan memang ingin menjadi sorotan tamu-tamu kalian saat mengunjungi kamar kalian, senjata ini memang sangat menarik perhatian dengan ukurannya yang besar.

No comments: