Wednesday, September 28, 2016

Let's Paint all those details with Mr.Hobby's Acrysion Color.

BASA-BASI.
Jauh sebelum kita ngecat Gundam/Model kit lainnya, pasti ada satu tahap dimana kita pernah belajar menggunakan cat dengan kuas air pada saat kita masih kecil. Entah itu diatas media kertas, ataupun media kanvas. What if I told you that there's actually a water based acrylic paint for your kits ! Yes, gua bahkan baru tau ada cat akrilik dengan basis air yang khusus untuk model kit kalian. Brand yang memproduksi cat ini tak lain adalah Mr.Hobby yang sangat familiar di telinga kalian dengan produk cat mereka yang terkenal di kalangan komunitas Gundam, Mr.Color. Jadi kalau nanya soal kualitas tidak perlu diragukan lagi karena Mr.Color terkenal dengan kualitas warna-nya yang solid dan varian warnanya yang sangat banyak.

ACRYSION COLOR INTRODUCTION
Acrysion Color ini adalah cat akrilik yang dapat digunakan baik menggunakan media kuas maupun airbrush. Media yang digunakan untuk melarutkan cat-nya tentu dapat menggunakan air dan bisa langsung diaplikasikan ke kit yang sedang kalian kerjakan, namun Mr.Hobby juga mengeluarkan thinner khusus Acrysion ini yang diramu khusus untuk melarutkan cat-nya sehingga memberikan performa maksimal pada kualitas cat-nya.

TESTING OUT MR.ACRYSION
Untuk mengetesenya, gua akan mengecat Gundam yang didapat dari EX Model 1:1700 Argama dengan teknik handbrush menggunakan kuas buatan Mr.Hobby yang sangat cocok untuk mewarnai detil-detil kecil pada kit yang sedang kalian kerjakan, jenis kuas yang gua gunakan adalah Mr.Brush Round No.10/0
Sediakan tray khusus untuk menuang cat Acrysion nya, tuang cat sesuai dengan takaran yang kalian butuhkan. Siapkan gelas kecil berisi air disamping tray cat kalian untuk mencairkan ulang cat-nya apabila cat mulai terlihat padat jika terlalu lama tidak digunakan.
gunakan teknik washing untuk menunjukkan lekuk dan detail figur agar mempermudah kalian untuk mewarnai kit kalian yang berukuran kecil. Teknik washing selengkapnya bisa kalian lihat di sini .Jika terlalu kecil ukurannya, mungkin kalian bisa lakukan seperti gambar yang gua masukkan diatas, yaitu dengan memberikan teknik washing selagi figur masih berada di dalam runner.
Setelah melewati tahap washing, lekuk figur/kit kalian terlihat jelas dan siap untuk diwarnai. Seperti yang gua bilang sebelumnya, gua menggunakan kuas jenis Mr.Brush Round No.10/0 yang diameter kuasnya sangat kecil sehingga mewarnai figur sekecil ini pun bukan menjadi suatu masalah. Sedikit tips pada saat mewarnai kit menggunakan media kuas, usahakan menguasnya satu arah sehingga tidak terlihat bercorak dan hasil jadinya lebih rapi dan merata. 


Setelah melihat hasil dari cat Acrysion, jujur gua sangat puas karena kualitas warnanya yang solid dan terang sama seperti pendahulu-pendahulunya, kemudian kalau dari segi detailing, gua cukup memberi 2 lapis (2 kali brushing) dan hasil cat sudah terlihat solid. Alasan lain yang gua suka dari cat Acrysion ini adalah ketika kita mendapat kesalahan dalam mewarnai figur/kit, kita masih bisa mengusapnya dengan air, sehingga sangat tidak membahayakan kit yang sedang dikerjakan, cat ini cocok untuk orang yang clumsy dan sering melakukan kesalahan, kayak gua :'). Dan tentunya cat ini lebih aman digunakan, mengingat salah satu media utama pelarut cat-nya sendiri adalah air.

Dalam pewarnaannya, warna Acrysion yang gua gunakan untuk mewarnai figur ini adalah warna :
. Acrysion N-3 (Blue)
. Acrysion N-4 (Yellow)
. Acrysion N-5 (Red)
CONCLUSION
Cat ini menurut gua sangat membantu banget ketika saat harus mewarnai detil-detil kecil pada kit, karena sebelumnya gua mengecat detil gua membutuhkan media pelarut yang menurut gua sulit untuk dicari di lingkungan tempat tinggal gua. Namun semenjak adanya cat ini, gua sangat kebantu banget karena cara penggunaannya terbilang sederhana dan media yang digunakan juga mudah dicari. Warna yang diberikan juga sangat solid dan ketika cat sudah kering, cat-nya tidak terlihat bergelombang ataupun berserat. Untuk yang senang detailing dengan sedikit resiko, gua sangat menganjurkan untuk menggunakan cat ini.

Segala jenis cat dan peralatan buatan Mr.Hobby bisa kalian dapatkan disini :

2 comments:

Sablenk87 said...

Bro, sama tamiya acrylic hasilnya bagusan mana?

Mr. Very said...

Apa bedanya dengan cat Mr colour