Saturday, May 14, 2016

Side G Review : Assault Kingdom EX09 Full Armor ZZ Gundam & Mega Rider

BASA-BASI
Setelah sekian lama akhirnya bisa nge review lagi, maklum udah jadi orang kantoran jadi masih belum stabil ngatur-ngatur waktunya :), jadi kira-kira minggu lalu gua dan keluarga rekreasi ke tempat langganan destinasi kita, Jepang. Dan pasti, setiap kali kesana pasti adaaa aja yang dibeli (yeiyalah, biangnya robot disana sis :'D). Semenjak Assault Kingdom ZZ Gundam diumumkan, gua sangat tertarik untuk memilikinya karena figur ini disertai dengan Full Armor partsnya, Kendaraan Mega Ridernya, dan tentunya karena ZZ Gundam adalah Gundam gendut yang menjadi salah satu daya tarik personal gua.

UNBOXING
Dimulai dari kemasannya yang sama dengan kemasan Assault Kingdom seri EX pada umumnya yang ukurannya cenderung lebar dengan format landscape. Pada sisi depan kemasan kita bisa melihat Cover Art kemasan dalam berupa potret figur Assault Kingdom ZZ Full Armor dan Mega Rider dengan background gradasi warna putih ke biru, pada sisi kanan atasnya kita bisa melihat judul line figurenya dengan nama figur beserta brand yang memproduksi figur ini pada bagian bawahnya. Pada sisi kanan dan kiri kemasan kita bisa melihat potret ZZ Gundam sedang mengendarai Mega Rider dan figur ZZ Gundam sedang berdiri tegap dengan background warna putih ke biru dengan judul line figur. Pada sisi belakang kemasan kita bisa melihat contoh figur dalam kemasan beserta fitur yang ditawarkannya. Manual dari figur ini terdapat di sisi lain kemasan. Ketika kemasan dibuka kita akan mendapat 3 plastik yang terdiri dari komponen ZZ Gundam, komponen Full Armor, dan komponen Mega Rider.

REVIEW : ZZ GUNDAM
Dimulai dari figur basis ZZ Gundam yang berukuran cenderung lebih besar dan bulky ketimbang figur Assault Kingdom lainnya, figur ini penuh dengan warna putih, biru, kuning, merah, dan abu-abu tua yang mendominasi dengan artikulasi yang sangat luwes untuk sebuah figur jenis gundam yang bulky. Figur ini memiliki aksesoris standar sepasang tangan menggenggam dengan lubang yang digunakan untuk menggenggam senjata dan sepasang tangan dalam mode terbuka seperti figur assault kingdom pada umumnya, kemudian figur ini dilengkapi dengan beam cannon yang merupakan salah satu senjata trademark dari ZZ Gundam. Untuk memberikan display dengan pose yang maksimal, figur ini disertai dengan display stand warna hitam dengan base berbentuk hexagonal. Paintjob dan detail dari figur ini menurut gua standar, sama seperti figur Assault Kingdom pada umumnya yang mengikuti serial tv-nya.

REVIEW : FULL ARMOR MODE
Salah satu fitur utama dari figur Assault Kingdom ini yaitu mengubah ZZ Gundam menjadi Full Armor ZZ Gundam dengan menggunakan parts-parts yang sudah disediakan. Untuk merubahnya menjadi Full Armor Mode, figur basis ZZ Gundam perlu dipecah menjadi beberapa bagian, dan ada sebagian parts ZZ Gundam yang dilepas dan diganti untuk membuatnya menjadi Full Armor ZZ Gundam. Ketika sudah menjadi Full Armor mode-nya, figur ini menjadi berwarna dominan putih dan biru. Artikulasi dari figur ini menjadi sangat terbatas dan tidak seluwes saat menjadi ZZ Gundam namun kegagahannya tentu meningkat drastis. Pada mode Full Armor ini, ZZ Gundam mendapat tambahan senjata Hyper Mega Cannon, Cannon super besar yang tersambung langsung dari backpacknya yang dapat diletakkan baik di sisi kanan maupun kiri dari Full Armor ZZ Gundam.
 Side Note : sejujurnya gua ga inget Full Armor ZZ pernah menggunakan Hyper Mega Cannon ini di serial tv-nya, dan gua inget Full Armor ini muncul di episode-episode terakhir, dan kayaknya di episode-episode terakhir kayaknya ga ada deh, apa gua yang lupa yah ?


REVIEW : MEGA RIDER
Disamping part full armor, kita juga mendapatkan Mega Rider, kendaraan untuk MS-MS dari Gundam Team. Sebelum di display menjadi Mega Rider, figur ini terpecah menjadi beberapa komponen dan runner sehingga perlu dirakit dalam waktu yang sangat singkat. Setelah selesai dirakit Mega Rider terlihat relatif kecil dan tidak seperti yang gua bayangkan. Mega Rider memiliki titik artikulasi yang digunakan untuk menyesuaikan "penunggang"-nya. Mega Rider memiliki warna dominan orange, dengan warna merah, putih dan abu-abu tua mewarnai detil figur ini. menurut pribadi Mega Rider ini kurang cocok dipasangkan pada ZZ Gundam melihat ukurannya yang cenderung kecil untuk ZZ Gundam, sehingga membuat ZZ Gundam terkesan seperti menunggangi kuda-kudaan kayu, namun terlihat baik apabila ditunggangi figur Assault Kingdom Gundam Mk.II atau Zeta Gundam.

 CONCLUSION
Dengan harga yang cukup mahal untuk sebuah candy toy (350 sampai 400k maksimal) dan tujuan candy toy pada umumnya untuk "dimainkan" atau sering digerak-gerakkan, menurut gua figur ini sangat standar bagi penggemar figur gundam dan sedikit tidak worth the price, karena awalnya gua mengharapkan proses konvert figur ini akan seperti figur jenis SHS (Souchaku Henshin) yang dimana kita cukup menempelkan armornya tanpa harus melepas-lepas part yang sudah tertempel ditubuhnya (kecuali bagian shieldnya, itu tentu bisa ditoleransikan) disamping itu Mega Rider yang didapat dari figur ini menurut gua terlalu kecil untuk ditumpangi ZZ Gundam yang cenderung berukuran besar sehingga terlihat ganjil dimata pada saat mendisplaynya. Namun jika kalian penggemar berat ZZ Gundam atau Gundam-gundam gendut, mungkin figur ini cocok untuk kalian, namun jangan terlalu berharap banyak pada figur ini.


No comments: