Tuesday, January 5, 2016

Side G Review : MG Gundam Fenice Rinascita Alba

BASA-BASI
Semenjak Fenice Rinascita keluar gua sudah suka dengan desainnya yang terkesan "edgy" dan bentuknya yang murni bukan sebatas hasil modifikasi Wing Gundam sederhana. Namun karena gua kurang cocok dengan warna yang diaplikasikan pada desain Fenice Rinascita yang asli (Hijau & Krem) gua pun rada enggan untuk beli, namun tidak lagi semenjak versi Alba-nya yang dirilis dipertengahan tahun 2015 ini menarik perhatian gua. Pertama kali gua liat model kit ini, gua langsung ngomong "Wah ini, boleh banget !" Awalnya gua kira Gundam Fenice Rinascita Alba pada dasarnya adalah Gundam Fenice Rinascita yang warnanya diubah mengikuti warna Wing Gundam, namun rupanya setelah diteliti lagi ada banyak perbedaan yang mungkin sekilas tidak terlihat tapi sebenarnya berbeda. Sejujurnya gua kurang tau cerita dibalik karakter Fenice Rinascita Alba ini disamping model kit ini milik Fellini yang digunakan untuk mengikuti kompetisi modelling khusus kategori MG di side storynya, namun desainnya yang lebih bersiku dan terkesan Wing Gundam banget ini berhasil mendorong hasrat gua untuk memilikinya. Ini adalah MG Premium Bandai kedua gua setelah Banshee Ver.Ka yang juga berhasil membuat gua tergoda memilikinya setelah digoda dengan kombinasi warna hitam dan hijau, beserta decal gold-nya, OMG !

UNBOXING
Seperti kemasan Model kit Premium Bandai pada umumnya, kemasannya memiliki warna monokrom untuk membedakan dengan kemasan model kit bandai yang dirilis secara reguler, kemasan model kit ini memiliki warna monokrom biru. Ukuran kemasannya sama seperti ukuran kemasan MG Fenice Rinascita.

Pada sisi depan kemasan kita bisa melihat cover art dari kemasan ini yang menggunakan teknik manipulasi photo memperlihatkan Rinascita Alba yang sedang menembak dan Rinascita Alba dalam wujud MA-nya sebagai bagian dari background dalam cover art-nya, kemudian pada sisi kanan atas kita bisa melihat logo MG dengan tulisah Build Fighters dibawahnya yang mengindikasikan model kit ini berasal dari seri Build Fighter, dan pada sisi kiri kemasan kita bisa melihat nama produk beserta sedikit sub nama produk, kemudian logo Brand Bandai yang mengindikasikan model kit ini adalah buatan Bandai. Pada sisi atas dan bawah kemasan terdapat nama produk dan sub nama produk dalam ukuran yang cukup besar. Dan yang terakhir adalah pada sisi kanan dan kiri kemasan terdapat gambar berupa "ringkasan" dari cover art kemasan.

Ketika kemasan dibuka kita akan mendapat total 20 runner, 1 foil sticker, 1 decal tipe stiker, dan 1 manual book untuk merangkainya.

(Klik Gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
REVIEW
Ketika sudah selesai merakitnya, kita akan mendapat :
a. 1 Model kit utuh dari Fenice Rinascita Alba
b. 1 Display Stand model baru
c. 3 Pasang manipulator
d. 1 Buster cannon
e. 1 Beam gun
f. 2 Action Base Adaptor
g. 2 1:100 Figur Fellini (Pose duduk dalam cockpit & berdiri)
h. Sepasang part untuk menggabungkan kedua senjata ke part siku Fenice Rinascita Alba.

Seperti yang gua bilang sebelumnya, Alba ini (untuk kebawahnya gua sebut Alba aja ya, panjang namanya broo) memiliki warna yang mengikuti warna Wing Gundam yaitu biru, putih, kuning, merah yang mendominasi seluruh bagian dari kit ini dengan warna abu-abu tua sebagai warna frame untuk model kit ini. Disamping itu model kit ini menggunakan frame dari MG Wing Gundam, yang bisa dilihat dari banyaknya part-part sisa berupa part frame MG Wing Gundam yang tidak dipakai setelah selesai merakit ini. Karena gua tidak punya MG Fenice Rinascita, yang membedakan Fenice Rinascita versi biasa dengan versi Alba disamping warnanya, adalah :
a. Part Telinga
b. Part Tanduk
c. Part Dada Bagian Atas
d. Part Bahu
e. Part Sayap (Hampir keseluruhannya beda)
f. Part Lutut
g. Part Pergelangan Kaki
h. Part Telapak Kaki

Part yang dibagian atas gua sebut sebelumnya tadi memiliki bentuk yang lebih bersiku dibanding versi Fenice Rinascita biasa, sehingga versi ini menjadi lebih mirip dengan Wing Gundam. Analoginya, ini seperti Wing Gundam yang dibuat lebih modern. Kit ini tidak mendapat effect part bawaan dari Fenice Rinascita yang berupa semacam jubah beam yang menyeliputi bahu Fenice Rinascita.

(Klik Gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Artikulasi dari model kit ini menurut gua cukup untuk sebuah MG yang dapat berubah bentuk, cukup fleksibel, namun tidak terlalu kaku juga, gua kurang suka dengan part pinggangnya yang sedikit kaku karena gua mengalami kesulitan merotasikan part pinggangnya, mungkin dikarenakan MG ini menggunakan frame MG Wing Gundam yang dibuat 5 tahun yang lalu dan ada kemungkinan jika dibuat fleksibel akan mengganggu keseimbangan bagian belakang dari kit ini. Disamping itu artikulasi kaki kit ini menurut gua agak lemah (mungkin itu alasannya kenapa Bandai nyisipin Display Base baru) dan gua agak takut ketika mau menggerak-gerakkan kakinya mengingat mekanisme di dalam kakinya yang cukup kompleks karena part kaki kit ini juga berperan penting untuk transformasi ke mode MA-nya.

(Klik Gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
Kit ini memiliki beberapa gimmick yang unik seperti sayap yang bisa dimegarkan seperti Wing Gundam, Cockpit yang bisa dibuka, Perisai yang dapat menyimpan beam saber, senjata yang dapat dipecah menjadi 3 macam, part bahu dan samping kaki yang dapat dibuka untuk memperlihatkan sedikit frame dan thruster didalamnya. Disamping itu Display Stand yang disisipkan dalam kit ini pada dasarnya adalah Action Base 1 yang di revisi menjadi lebih simple, dengan lubang-lubang pada Action Base yang lebih tertata dan simetris, dan ditiadakannya pemasangan skrup dalam proses merakit display stand yang baru ini (mungkin di jepang sana banyak anak kecil yang nelen skrupnya ?).

(Klik Gambar dibawah untuk melihat lebih jelas :))
TRANSFORMATION
Kit ini nyaris fully transformation, yang membuatnya tidak full transformation adalah pada bagian sikunya yang masih membutuhkan part khusus untuk meletakkan senjatanya di masing-masing sikunya. Proses merubah bentuk kit ini menjadi mode pesawat/MA-nya terbilang mudah dan tidak rumit.  Pada dasarnya proses transformasinya hanya fokus pada bagian kaki yang menurut gua bagian yang paling rumit, kemudian setelah melewati itu, tahap-tahap berikutnya merubah ini menjadi mode MA sangatlah mudah. Ketika sudah selesai, Alba yang sudah menjadi mode MA ini dapat dipasangkan adaptor khusus mode MA-nya agar dapat dipasangkan ke display stand barunya dan terlihat seakan terbang.
(Gak punya MG Wing Gundam, jadi di sejajarin ama MG Wing Gundam EW ajah, LOL)

CONCLUSION
Disamping artikulasi kaki yang menurut gua sedikit menyeramkan jika terlalu sering digerakkan, komplain gua terhadap model kit ini hanya pada sisi estetikanya saja, yaitu warna perisainya yang kayaknya lebih cocok kalau warnanya menjadi warna merah, namun menurut gua itu bukan sebuah komplain mengingat ini model kit yang pada dasarnya kalau gak suka warnanya ya ganti aja sendiri (LOL). Gua sangat puas dengan kit ini. Jika kalian menyukai desain Fenice Rinascita dengan nuansa Wing Gundam, gua sangat merekomendasikan kit ini. Ingat, ini bukan Fenice Rinascita yang di recolor. Ini modifikasi ulang Fenice Rinascita yang mengikuti desain Wing Gundam !

No comments: